Apa Itu Emulator Android

Emulator Android Terbaik PC (sumber foto : laptopmag.com)

Emulator android merupakan salah satu aplikasi di komputer yang bisa mengemulasikan android untuk laptop sehingga bisa menjalankan aplikasi-aplikasi android di PC/laptop. Emulator android merupakan sebuah istilah untuk perangkat lunak (software) yang memungkinkan program pada perangkat berplatform tertentu dapat dijalankan/diemulasikan pada perangkat berplatform lainnya. Ada banyak emulator yang bisa dijalankan di perangkat dengan platform yang berbeda. Contohnya yaitu konsol game PS yang bisa dijalankan di komputer.

Spesifikasi Perangkat Agar Bisa Menjalankan Aplikasi/Emulator Android di PC

Jenis-jenis app android yang bisa dijalankan di PC harus kompatibel dengan spesifikasi dan platform OS-nya, karena tidak semua aplikasi android kompatibel untuk dijalankan atau dimainkan di PC. Namun dengan perkembangan teknologi saat ini, pengembang/developer bisa membuat berbagai aplikasi android untuk PC berjalan dengan baik. Saat ini platform PC yang paling support untuk emulator umumnya adalah OS Windows, baik PC Windows XP, PC Windows Vista, PC Windows 7, Windows 8 dan Windows 10. Dan juga masih memperhatikan basis windows apakah 32bit atau 64bit.

  • RAM minimal 2 GB agar nyaman dan tidak nge-lag. Khususnya pada penggunaan aplikasi yang multitasking, RAM merupakan salah satu faktor utama lancar tidaknya pengoperasian. Semakin besar RAM, semakin baik pengoperasian
  • Processor minimal clockspeed 2.7GHz ke atas. Paling recommended adalah processor Intel Core i3, Core i5, core i7 atau AMD FX Series/A Series/APU Series terbaru (generasi 6 atau generasi 7). Processor generasi terbaru umumnya memiliki clockspeed tinggi
  • Hardisk minimal 500 GB. Besarnya ruang penyimpanan akan membuat pengoperasian lebih lega dan nyaman.
  • Sistem Operasi (OS) yang sudah kompatibel. Saat ini OS Windows yang sudah support terhadap aplikasi android untuk PC yaitu Windows Vista, Windows 7, Windows 8 dan Windows 10.

1. BlueStacks | Aplikasi Emulator Android Terbaik Paling Populer Buat PC Windows

Bluestacks merupakan aplikasi emulator android untuk PC/laptop paling populer saat ini. Bluestacks terintegrasi dengan Google, sehingga untuk menjalankannya mengharuskan kita log dengan akun Google. Menggunakan Line atau BBM juga bisa dilakukan di PC dengan emulator android terbaik yang satu ini,

Sayangnya penggunaan emulator android Bluestack harus didukung spesifikasi komputer yang oke punya, sehingga bagi pengguna laptop yang spesifikasinya masih rendah harus mencoba aplikasi android untuk PC selain bluestack.

2. Leapdroid | Aplikasi Android Untuk PC Selain Bluestack Support Banyak Aplikasi

Emulator aplikasi android di PC selain Bluestacks adalah Leapdroid. Meskipun tergolong aplikasi android terbaru alias pendatang baru, aplikasi android di PC selain Bluestacks ini adalah aplikasi android Pc yang cukup layak diperhitungkan.

Aplikasi android buat PC yang satu ini kelebihannya terletak pada banyaknya tweak, dimana Leapdroid sudah teroptimasi dengan baik sehingga bisa berjalan lancar. Apalagi secara default aplikasi android untuk PC windows 10, PC Windows 8 dan PC Windows 7 ini sudah memiliki akses root.

3. Youwave | Aplikasi Android Ringan Buat PC Spek Rendah Full Version dan Gratis

Emulator Aplikasi android untuk PC Youwave merupakan alternatif aplikasi android for PC selain Bluestacks. Aplikasi android laptop ini bisa dikatakan support untuk aplikasi PC ringan dan emulator android untuk pc spek rendah.

Kelebihan Youwave antara lain merupakan emulator android terbaik yang responsif. Aplikasi HP android untuk PC yang unik ini memiliki kinerja yang lancar, smooth dan mudah dioperasikan. Tampilannya juga sangat baik. Youwave juga memiliki kinerja yang cepat dan juga memungkinkan terjadinya pengubahan resolusi dengan cepat.

4. Nox | Emulator Aplikasi Android Untuk PC Controller

Nox adalah salah satu emulator android untuk PC yang cukup keren serta tidak kalah dengan beberapa emulator android terbaik lainnya. Para gamer android banyak yang menggunakan Nox untuk memainkan game-game android di PC.


Kelebihan emulator Nox ini terletak pada utilitas dimana terdapat penambahan-penambahan sehingga sangat membantu para gamer mengendalikan game menggunakan keyboard dan mouse.

5. Droid4x | Emulator Android Untuk PC Terbaru Dengan Fitur Kekinian

Meskipun Droid4x tergolong aplikasi android terbaru, namun kemampuannya cukup pantas diperhitungkan dan layak menjadi salah satu aplikasi emulator android untuk PC wajib instal.

Kelebihan salah satu android untuk laptop ini yaitu sudah support add-on sehingga pengguna bisa mengontrol game maupun aplikasi aplikasi android untuk pc lainnya lewat smartphone. Android emulator untuk PC ini sudah mengusung fitur-fitur kekinian, apalagi sudah dilengkapi dengan Google PlayStore sehingga bisa download aplikasi android apk secara bebas.

Nah, 5 Emulator Android Untuk PC Laptop Paling Populer. Dengan kemampuan mumpuni, kelima aplikasi android emulator tersebut layak direkomendasikan buat kamu para pengguna smartphone android yang gemar download aplikasi android di PC serta memainkan sejumlah game android PC.